Thursday 8 November 2012

Usaha Kue Molen Mini - Cara Membuat Molen

Pisang molen atau molen pisang, tentu anda sudah tidak asing bukan dengan makanan ini? Makanan yang saat ini banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan atau ketika ada pasar malam, sebenarnya memiliki peluang yang menjanjikan. Terlebih lagi bila anda menjalankan usaha kue molen mini. Yang lebih diminati ketimbang kue molen yang besar.

Walaupun molen yang mini lebih diminati, tetapi dalam kenyataannya molen yang ukurannya lebih besar tetap laku untuk dijual. Untuk itu, apapun ukurannya, mau kecil atau besar, kue molen tetap menjanjikan untuk dijadikan usaha.

Nah, sebagai inovasi bagi anda yang ingin menjalankan usaha ini. Anda tidak hanya dapat menjual kue molen isi pisang saja. Tetapi juga dapat menjual molen isi coklat atau selai. Apakah sudah ada penjual molen yang menjual molen isi coklat? Sudah ada yang menjualnya tetapi memang masih sangat jarang.
Cara Membuat Molen
Untuk cara membuat molen dibawah ini, yaitu dalam skala kecil atau jumlah sedikit. Jadi bila ingin membuat dalam jumlah banyak dapat menyesuaikan.

Bahan-bahan untuk membuat isi molen:
  • Buah pisang raja atau pisang tanduk..

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kulit molen :
  • 350 gram tepung terigu
  • 50 gram gula yang sudah dihaluskan
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1/4 sendok teh garam dapur
  • 125 gram margarin
  • 75 ml air
  • Minyak goreng secukupnya.

Proses dalam pembuatan molen:
  1. Potong-potong pisang sesuai selera, untuk dijadikan isi.
  2. Untuk cara membuat kulit molen, campurkah tepung terigu, gula, vanili dan garam, aduk sampai merata.
  3. Tambahkan margarin, kemudian aduk hingga menjadi berbutir kecil.
  4. Tuang air perlahan-lahan sambil mengaduk dengan bantuan sendok sampai menjadi adonan yang baik.
  5. Ratakan adonan dengan dengan mesin atau dengan cara menggilasnya sampai menjadi tipis dengan ketebalan kira-kira 2,5 mm.
  6. Potong adonan tersebut kira-kira selebar 3 cm atau sesuai selera, sehingga adonan tersebut menjadi berbentuk pita yang panjang.
  7. Lilitkan adonan pita panjang yang sudah dibuat pada setiap potong pisang.
  8. Goreng adonan yang sudah membalut pisang kedalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang atau berwarna kuning kecokelatan.
  9. Angkat dan tiriskan kemudian hidangkan.
Itulah ulasan singkat mengenai usaha kue molen mini serta cara membuat molen. Mudah-mudahan tulisan singkat ini bermanfaat bagi anda yang ingin menjalankan usaha molen. Janganlah menyerah untuk mewujudkan mimpimu, bila dirimu menyerah lebih baik untuk selamanya jangan pernah bermimpi.

No comments:

Post a Comment