Sunday 4 November 2012

1001 Contoh Bisnis Sampingan PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Anda seorang PNS yang ingin menjalankan bisnis sampingan? Dan masih bingung ingin menjalankan bisnis apa? Oke, jangan khawatir karena anda telah berada di blog yang mengulas tentang ide-ide serta peluang-peluang usaha atau bisnis.

Nah, kali ini blog ide bisnis ide usaha akan memberikan aneka bisnis sampingan PNS. Karena bukan hanya orang biasa saja seperti saya yang ingin memiliki bisnis sendiri. Seorang PNS yang kehidupannya sudah terjamin saja masih ingin berbisnis.

Ya, karena sesungguhnya orang kaya itu bukan orang yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Tetapi orang yang berbisnis atau berwirausahalah yang mendominasi orang-orang kaya. Lihat saja, orang terkaya di dunia, apakah orang kaya di dunia itu adalah orang yang menjadi PNS?
Di Indonesia yaitu Abu Rizal Bakri, Si anak singkong (Chairul Tanjung), Pemilik Djarum apakah mereka seorang PNS?
Jadi, jika anda ingin kaya jangan bercita-cita menjadi PNS tetapi bercita-citalah menjadi pengusaha. Jika memang rizkinya menjadi PNS, anda juga dapat menjalankan bisnis sampingan, supaya anda dapat semakin sukses.

Tetapi kalaupun ada seorang PNS yang kaya raya. Saya yakin kekayaannya bukan berasal dari pekerjaannya sebagai PNS. Bisa jadi dia memiliki bisnis lain atau malah kekayaannya berasal dari korupsi seperti Gayus serta para DPR yang menjadi koruptor.

Oke, tidak perlu berlama-lama berikut contoh-contoh bisnis sampingan buat PNS:
  • Membangun toko sesuai keinginan atau background masing-masing.
  • Membuat kursusan atau bimbingan belajar.
  • Mendirikan Studio musik bagi PNS guru musik.
  • Mendirikan Usaha katering, jadi nantinya bila ada acara dan perlu memesan makanan, tidak perlu memesan di tempat lain.
  • Bisnis budidaya serta ternak lele.
  • Bisnis kerajinan dari barang-barang bekas.
  • Bisnis sewa tratak, kursi, sound system atau panggung hiburan dan masih banyak lagi yang lainnya.
Itulah contoh-contoh bisnis sampingan PNS (Pegawai Negeri Sipil). Semoga bisnis-bisnis tersebut dapat dijadikan referensi. Berbisnis atau bekerja itu bukanlah hal utama dalam hidup ini. Karena yang utama adalah beribadah serta menjadikan diri ini menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment