Thursday 1 November 2012

Contoh Rencana Bisnis Cafe

Anda ingin menjalankan bisnis cafe? Ingin mengetahui perencanaan-perencanaan apa saja mengenai bisnis ini. Oke, langsung saja berikut contoh rencana bisnis cafe yang siapa tahu dapat bermanfaat.

Sebelum melangkah lebih jauh dalam bisnis cafe. Terlebih dahulu tentukanlah cafe yang seperti apa yang ingin anda bangun? Apakah cafe sebagai tempat nongkrong anak-anak muda atau untuk kalangan umum?

Jika diperuntuhkan untuk anak-anak muda maka sekarang tentukan apa saja minuman dan makanan yang cocok dan disukai anak muda zaman sekarang. Sebagai saran, anda juga dapat menjual makanan seperti pisang goreng isi coklat atau stroberi. Karena cafe yang menjual makanan-makan seperti itu sangatlah jarang. Sehingga itu dapat menjadi ciri khas dari cafe anda.
Bila sudah menentukan, maka tahap selanjutnya yaitu mengkonsep dekorasinya ingin seperti apa? Karena untuk kalangan anak muda, nuansa romantis juga perlu di tambahkan serta jangan lupa berilah tempat hiburan. Bila semua itu sudah terkonsep, sekarang tinggal mencari tempat yang strategis dan yang cocok.

Untuk tahap selanjutnya yaitu hitung semua modal yang diperlukan untuk membangun bisnis ini. Bila sudah dihitung, sekarang tinggal membangunnya.

Bila sudah jadi cafe tersebut, tinggal berpromosi. Untuk promosi dapat dilakukan melalui radio, membagikan brosur ke sekolah-sekolah, kampus dan juga tempat-tempat tongkrongan anak muda. Berpromosi melalui jejaring sosial seperti Facebook dan juga Twitter juga sangat membantu.

Anda dapat mengadakan launching cafe, yang dihadiri teman-teman. Dan juga dapat mengundang wartawan dari surat kabar.

Sepertinya itu saja contoh rencana bisnis cafe yang dapat dijadikan referensi. Ingatlah, menjadi sukses itu butuh proses dan waktu. Tak bisa orang yang berbisnis dapat sukses dengan sekejap mata. Jadi, teruslah berinovasi dan berkreasi supaya dapat meraih mimpi.

No comments:

Post a Comment