Saturday 9 February 2013

Peluang Usaha Bordir Kaos

Peluang Usaha Bordir Kaos
peluang usaha bordir kaostelah jamak, bordir pakaian jadi kerajinan yang indah serta bernilai tinggi. apabila jahit bordir itu di baju, maka baju itu dipastikan dapat amat mahal harga nya. itu juga berlaku pada barang-barang sejenisnya. mukena, gambar bordir di kebaya maupun motif bordir di pakaian pengantin. terhitung asesoris perabotan rumah tangga.

tetapi barangkali jarang yang tahu bila malang mempunyai potensi design bordir yang luar biasa. hasil motif bordirnya lalu telah dapat berkompetisi di pasar nasional. apabila anda penasaran dengan mutu product bordir komputernya, maka datang saja segera ke desa sumberpasir kecamatan pakis kabupaten malang.

sekarang ini, tempat yang terdapat di sebelah timur kota malang dipenuhi usaha gambar bordir. di antaranya farida. wanita 43 th. ini mengaku telah tekuni usaha bordir pakaian ini sejak th. 1985. awalannya ia jadi karyawan di usaha jahit bordir punya tetangganya.

diceritakannya, usaha bordir computer di desa sumberpasir ini awalannya cuma ditelateni oleh satu dua orang saja. tetapi makin lama warga lain juga turut buka usaha design bordir sendiri. serta saat ini, jumlahnya telah menjamur. “awalnya saya turut tetangga sebagai karyawan. sesudah sedikit mahir, saya mulai buka usaha bordir sendiri, ” terangnya pada malang post.

ia lalu lantas mulai tekuni usaha ini seorang diri. ia beli sesuatu mesin bordir yang waktu itu harga nya berkisar pada rp 1-2 jutaan. makin lama ia mulai memperoleh banyak keinginan dari customer. dikarenakan jadi tidak dapat mengerjakannya sendiri, ia lalu merekrut karyawan. karyawan yang diambil biasanya tetangga serta kerabat dekatnya. mereka yaitu gadis-gadis yang tidak dapat meneruskan sekolah lagi. walau telah memunyai karyawan, farida tidak lalu berhenti berkarya. ia lalu kerap membimbing karyawan baru yang biasanya belum tahu perihal keterampilan membordir.
“saya cuma mengajari bagaimana langkah menggunakan mesin bordir. untuk gambar motif serta finishing, saya sendiri yang mengerjakannya, ” sambung wanita yang memiliki tiga anak serta seorang cucu ini.
dikarenakan kesabarannya itu, beberapa wanita yang tertarik bekerja padanya. tidak heran, bila usahanya ini pernah dibantu lebih kurang 20 orang karyawan.

diterangkannya, seorang karyawan dapat merampungkan 1-4 bordir /hari. namun bila motifnya sukar serta bermacam, durasi waktunya juga lebih lama. keterampilan karyawan juga turut merubah mutu bordir yang dihasilkan. tidak cuma itu, keterampilan karyawan ini juga turut merubah gaji yang mereka peroleh. farida mengaku menggaji mereka pada rp 12, 5 hingga rp 15 ribu /hari, bergantung keuletan tiap-tiap karyawan.

dengan jumlah karyawan sejumlah itu, product yang dihasilkan otomatis makin berlipat. tidak aneh bila customer online terus berdatangan pesan bordir kepadanya. menurut dia, banyaknya customer ini bukan hanya dikarenakan promosi yang gencar. cuma melewati kabar dari mulut ke mulut saja yang mengakibatkan usaha bordir kaos nya dapat dikenal beberapa orang.

No comments:

Post a Comment