Thursday 4 October 2012

Pengen Tau Usaha Tanpa Modal Apa Saja?

Bagi yang ingin tahu usaha tanpa modal apa saja, berarti tidak salah telah mampir di blog ini. Sebenarnya suatu usaha atau bisnis itu harus memerlukan modal. Tetapi ada juga usaha yang bisa dijalankan atau disiasati sehingga tanpa menggunakan modal. Sebut saja bisnis online yang dapat dijalankan secara gratis. Yaitu dapat menjalankan bisnisnya melalui blog gratisan seperti blogspot. Untuk koneksi internet dapat diperoleh dari area-area hotspot. Dengan catatan harus memiliki laptop sendiri.

Kemudian usaha tanpa modal yang lain yaitu usaha sesuai dengan keahlian masing-masing. Misal ahli dalam memasak dapat membuat resep-resep masakan kemudian di jual ke tabloid, restoran dll. Kemudian bila ahli dalam menulis dapat membuka jasa penulisan artikel untuk website. Atau bila ahli dalam mendesain baju bisa menjual hasil desain baju yang telah dibuat ke perusahaan-perusahaan pakaian.
Sepertinya yang saya ketahui itu saja mengenai usaha yang dapat dijalankan tanpa modal. Mudah-mudahan tulisan yang singkat ini dapat bermanfaat ya.

Tetapi dalam hal ini, saya tekankan yang namanya usaha atau bisnis itu perlu modal. Baik itu modal tenaga, pikiran, bensin dll. Jadi binsin online dan juga usaha sesuai keahlian itu sebenarnya memerlukan modal. Tetapi bisnis online dan usaha sesuai keahlian dapat dijalankan tanpa menggunakan modal yang nyata. Artinya dengan kata lain usaha yang dijalankan tersebut sebenarnya memakai modal tetapi modalnya tidak terasa. Sebagai contoh menjual resep-resep makanan ke tabloid atau restoran, pasti itu membutuhkan modal untuk mencetak resep dan membeli bensin untuk menawarkan ke restoran.

Sebagai contoh lain pada bisnis online, semuanya memang gratis tetapi listrik juga harus bayar bukan? Pergi ke area-area hotspot juga membutuhkan bensin bukan? Atau bila jalan kaki tentu memerlukan modal tenaga bukan? Jadi intinya tidak ada bisnis atau usaha tanpa modal, karena apapun bisnisnya itu pasti memerlukan modal.

No comments:

Post a Comment