Monday 17 September 2012

Bukti Kesuksesan Usaha Dengan Modal Kecil

Bukti Kesuksesan Usaha Dengan Modal Kecil - Usaha dengan model kecil bisa menjadi pilihan yang menarik untuk ditekuni. Sering dari kita berpendapat bahwa memiliki usaha haruslah memiliki modal yang besar, pandangan ini sekarang tidak sepenuhnya benar. Banyak usaha-usaha di jaman sekarang yang dibuka dengan modal yang minim. Namun yang perlu diingat adalah, usaha modal kecil tidak selalu dinilai sebagai usaha yang tak serius, dikelola dengan cara asal-asalan dan tanpa sistem yang baik. Ada juga usaha kecil yang ditekuni secara serius dan mempunyai sistem-sistem yang mengaturnya, sehingga usaha kecil itu pun bisa menghasilkan keuntungan yang tak kalah besar dengan usaha bermodal besar. Contoh sukses usaha bermodal kecil adalah Pecel Lele Lela. Pecel Lele Lela adalah sebuah usaha kuliner yang diawali dari modal hanya 3 juta. Adalah Rangga Umara, pendiri Pecel Lele Lela yang mengawali usaha ini dari 2006 yang lalu. Dengan modal hanya 3 juta, Rangga sekarang telah mempunyai 23 cabang di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Omzet Rangga hingga sekarang adalah 1,8 Miliar perbulan.

Usaha milik Rangga ini menganut 3 sistem yaitu milik sendiri, waralaba atau franchise dan joint venture. Ide awal Rangga memilih lele adalah lele mudah ditemui dan masakan lele yang berupa pecel lele tidak akan surut dari penggemarnya. Hampir semua orang suka makan pecel lele. Pecel Lele sendiri bukanlah hal yang benar-benar baru, namun berkat daya kreatifitas pemiliknya, usaha milik Rangga ini walaupun termasuk usaha dengan modal kecil dapat berkembang dengan pesat. Daya kreatif Rangga dituangkan dalam aneka menu pecel lelenya seperti original, lele siram saus, lele goreng tepung, hingga lele filet dengan beraneka pilihan bumbu, sambal dan kuah.

Keunikan lain yang ada di usaha milik Rangga ini adalah, bila anda pengunjung yang kebetulan bernama Lela, maka akan dikenai makan gratis seumur hidup. Dan bila ada pengunjung yang makan di warung Pecel Lele tepat saat hari ulangtahunnya, makan gratispun berlaku untuknya. Syaratnya hanya cukup menunjukkan KTP sebagai bukti tanggal ulangtahunnya. Setelah mengetahui sekilas kesuksesan Rangga Umara, sudah seharusnya kita optimis membuka usaha walaupun kita hanya mempunyai modal yang kecil. Yang penting niat yang kuat dan selalu mau belajar untuk berhasil, anda pasti sukses di usaha dengan modal kecil.


No comments:

Post a Comment