Tuesday 19 February 2008

Disain Kemasan

Desain kemasan, termasuk isi tulisan/pesan yang ingin disampaikan ke konsumen haruslah dibuat sedemikian rupa agar menarik perhatian tapi tidak menyimpang dari isi kemasan itu sendiri.

Kita berbisnis/usha tentu ingin barang/produk kita dibeli oleh konsumen, salah satunya adalah membuat desain kemasan yang menarik (eye chaching). Tapi, yang ingin saya sampakan disini adalah bagaimana kita mengemas suatu bisnis/usha kita agar menarik perhatian konsumen untuk minimal mampir ke tempat kita. Ada banyak hal/cara yang harus kita lakukan dalam mendisain suatu bentuk bisnis kita. Salah satu contoh mudah dan banyak dilakukan oleh kalangan pebisnis sukses adalah pembuatan logo. Kehadiran logo dari bisnis kita sangatlah penting karena logo adalah suatu bentuk identitas/ciri tak ubahnya kita yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) maka keberadaanya akan diakui dimanapun kita mendirikan bisnis/usaha. Di duni online sekali pun logo sangat sangat diperlukan untuk lebih eksisnya binis yang kita jalankan.

Dunia offline, sekarang sedang tumbuh subur peretail-peretail berskala kecil, menengah dan besar. Banyak bermunculan dimana-mana pera pemain retail baik bermodalkan kecil tau besar bahkan dengan konsep "BODOL"nya pak Purdi E. Chandra (http://www.purdiechandra.net/).

Dari sekian banyak pelaku bisnis retail pertama yang saya amati adalah penampilan logo, pencahayaan, pewarnaan dan tata ruang.

• Logo : Seperti yang telah saya uraikan sebelumnya adalah merupakan suatu ciri dari bisnisnya masing-masing.

• Pencahayaan : Inipun merupakan suati strategi bisnis dari perusahaan retail agar mudah ikenali dan memberikan suasana ceria/semarak akan lokasi bisnis tersebut.

•. Pewarnaan : Dalam hal pewarnaan baik indoor maupun outdoor akan memberikan sentuhan/nuansa tersendiri terhadap kehadirannya di tengah-tengah masyarakat.

• Tata Ruang : Tata ruang adalah bukan hal yang gampang untuk tidak diberikan sentuhan, dengan penataan ruang yang apik dan rapi akan memudahkan konsumen/pelanggan dalam memilih barang kebutuhannya. Dalam penataan barang yang harus kita perhatikan adalah pengelompokkan barang, dimana kita harus meletakkan barang menurut kelompoknya; makanan, minuman, obat-obatan dan kebutuhan rumahtangga lainnya. Dengan adanya pengelompkan tersebut barang akan kelihatan rapih dan tentu akan memudahkan pelanggan/konsumen dalam mencari kebutuhannya. Belanja pun menjadi nyan...

Jadi mendisain kemasan suatu bisnis harus diperhatikan beberapa aspek penting agar kita dapat bersaing dunia bisnis yang semakin ketat. Banyak cara dalam mendisain suatu bisnis, yang saya paparkan ini adalah sebagian kecil dari proses mendisain suatu bisnis.

Semoga bermanfaat bagi saya dan yang membaca pada umumnya.

Salam sukses,


Junaedi
०८१३ १००० 4288
http://zunaedi.blogspot.com

Counter isi ulang pulsa pertama dan akan terus bertaambah...

Istri disuatu hari libur menyempatkan diri hadir di Counter..

Dengan telitinya Istri tercinta mengecek transaksi harian...

No comments:

Post a Comment